“Unggul dan Terkemuka dalam Program studi Magister Ekonomi Syariah serta menjadi rujukan, pusat studi penelitian dan pelatihan Ekonomi Syariah yang berorientasi pada Socio-Eco-Techno-Preneurship pada Tingkat Nasional di tahun 2030”

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
  • Mengembangkan pengetahuan teknologi dan/atau seni dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji serta mampu menjadikan hasil riset terpublikasi secara nasional.
  • Mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat dalam tridharma perguruan tinggi.
  • Menjadikan lulusan sebagai akademisi dalam bidang ekonomi syariah.
  • Menjadikan lulusan sebagai peneliti handal dalam pengembangan ilmu ekonomi syariah.
  • Menjadikan lulusan sebagai konsultan handal dalam bidang ekonomi syariah.
  • Menjadikan lulusan sebagai praktisi handal dalam bidang ekonomi syariah yang mampu menggambungkan teori dengan praktik keuangan syariah dalam mengambil kebijakan.

Didasari tujuan-tujuan di atas, Program Studi Magister Ekonomi Syariah IAIN Metro berupaya menyusun perencanaan langkah-langkah strategis sebagai berikut:
a. Meningkatnya kualitas pembelajaran, dengan meningkatkan kuantitas dan kualifikasi dosen pendidik yang bersertifikat pendidik profesional;
b. Meningkatnya integrasi keilmuan dengan pengabdian masyarakat dengan bertambahnya competitive advantage hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang ekonomi syariah;
c. Meningkatnya kualitas kegiatan akademik dan kemahasiswaan, dengan memanfaatkan kerjasama dan jaringan dengan pendidikan tinggi lain ataupun lembaga-lembaga lain yang terkait erat dengan pengembangan ekonomi syariah nasional dan internasional;
d. Mengimplementasikan Standar Mutu Internal dan Eksternal yang meliputi aspek akademik dan non akademik;
e. Melakukan continuous evaluation and improvement (evaluasi kepuasan dan perbaikan yang berkesinambungan) terhadap dosen, mahasiswa dan pengguna lulusan sebagai feedback untuk pengembangan program selanjutnya.