Dr. J Sutarjo, M.Pd.I
Ketua prodi S2 PBA
Dr. M. Kholis Amrullah, M.Pd.I
Sekretaris prodi S2 PBA
Visi
Menjadikan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab (PBA) menghasilkan lulusan yang ahli dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab, berorientasi pada socio-eco-technopreneurship di tingkat nasional pada tahun 2030.
Misi
Adapun misi dari Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab (PBA) adalah:
- Menyelenggarakan pendidikan bahasa Arab yang berkualitas dalam rangka mencerdaskan dan memberdayakan masyarakat.
- Mengembangkan pendidikan bahasa Arab sesuai dengan tuntutan masyarakat luas.
- Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Arab.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki tanggung jawab moral dan intelektual dalam pengembangan pendidikan bahasa Arab, berdaya saing di tingkat regional dan Nasional.
- Memperkuat pengembangan program studi Magister Pendidikan Bahasa Arab melalui peningkatan kerjasama pendidikan dengan berbagai stakeholders dan lembaga lainnya.
Tujuan
- Menjadikan lulusan sebagai tenaga ahli dalam bidang pendidikan bahasa Arab.
- Menjadikan lulusan sebagai peneliti dalam bidang pendidikan bahasa Arab.
- Menjadikan lulusan sebagai konsultan dalam pengembangan pendidikan bahasa Arab.
- Menjadikan lulusan sebagai entrepreneur dalam pendidikan bahasa Arab.
- Menjadikan lulusan yang memiliki budaya mutu (culture of quality), ketuntasan (sense of closure), kekeluargaan dan kebersamaan (sense of kinship and togetherness) dalam menjalankan profesi.
Standar Kompetensi Lulusan
Sebagai Pendidik
- Mampu mentransfer pengetahuan dalam upaya mentransformasikan kepribadian sesuai dengan hakikat dan fungsi Pendidikan Bahasa Arab.
- Mampu menguasai dan menerapkan strategi, metode, teknik dalam khazanah Pendidikan Bahasa Arab dalam rangka melakukan kegiatan pendidikan dan pengajaran.
- Menguasai paradigma pendekatan, konsep, prinsip serta teori yang relevan dengan Pendidikan Bahasa Arab.
- Mampu menggunakan pengetahuan dan keterampilan dalam kawasan Pendidikan Bahasa Arab untuk menemukan jawaban terhadap permasalahan yang ada.
- Memperlihatkan etika profesi selaku pendidik.
Sebagai Peneliti
- Menguasai hakikat keilmuan, baik dari segi epistemologi, penyusunan teori maupun fungsi kegunaanya dalam kehidupan sehari-hari.
- Mampu menerapkan pengetahuan ilmiah yang dikuasai sebagai acuan bagi pemecahan masalah yang dihadapi melalui kegiatan penelitian.
- Mampu memanfaatkan kegiatan ilmiah yang dikuasai sebagai landasan bagi pengembangan Pendidikan Bahasa Arab.
- Mampu mengkomunikasikan hasil penelitian berdasarkan format dan tata cara masyarakat ilmiah.
Sebagai Tenaga Ahli
- Mampu menguasai dan menerapkan pengetahuan Pendidikan Bahasa Arab pada bidangnya.
- Mampu memanfaatkan pengetahuan yang telah dikuasai sebagai landasan bagi pengembangan Pendidikan Bahasa Arab.
- Mampu menerapkan pengetahuan di bidang Pendidikan Bahasa Arab sebagai acuan dalam memecahkan berbagai permasalahan yang berkembang dalam masyarakat.
Sebagai Penerjemah
- Mampu memanfaatkan pengetahuan yang telah dikuasai sebagai landasan bagi penerjemahan Bahasa Arab.
- Mampu menerjemahkan Bahasa Arab dengan baik dan benar sesuai kaidah penerjemahan Bahasa Arab yang baku.
- Mampu menerjemahkan Bahasa Arab fusha (baku), baik secara lisan maupun tulisan.
Sebagai Instruktur Bahasa Arab
- Mampu dan menguasai teori-teori pendidikan bahasa Arab.
- Mampu dan menguasai tutorial pengajaran Bahasa Arab.
- Mampu dan menguasai dalam mentransfer ilmu pendidikan bahasa Arab kepada anak didiknya.
Sebagai Pemandu Wisata
- Mampu berkomunikasi menggunakan Bahasa Arab dengan baik dan benar.
- Mampu memandu wisatawan pengguna bahasa Arab yang berkunjung ke Indonesia.
- Mampu menerapkan pengetahuan di bidang Pendidikan Bahasa Arab sebagai acuan dalam memandu wisata.
Sebagai Konsultan Bahasa Arab
- Mampu memberikan konsultasi pendidikan bahasa Arab baik bagi Lembaga pendidikan bahasa Arab, perusahaan pemerintah maupun swasta.
- Mampu dan menguasai teori-teori pendidikan bahasa Arab dalam memberikan konsultasi permasalahan pendidikan bahasa Arab kepada masyarakat.
Gelar Akademik
Gelar Akademik bagi lulusan Prodi Magister Pendidikan Bahasa Arab (PBA) pada Pascasarjana IAIN Metro adalah Magister Pendidikan (M.Pd.).
Kurikulum
Struktur Kurikulum
Jumlah SKS yang harus diselesaikan oleh mahasiswa Prodi Magister Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Metro berjumlah 48 SKS, dengan struktur sebagai berikut:
- Mata Kuliah Kompetensi Umum
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
1 | MPBA.22.1.01 | Studi Al-Qur’an Tematik | 3 |
3 | MPBA.22.1.02 | Studi Al-Hadits Tematik | 3 |
3 | MPBA.22.1.03 | Filsafat Ilmu | 2 |
4 | MPBA.22.1.04 | Studi Naskah | 3 |
Jumlah | 11 |
- Mata Kuliah Kompetensi Utama
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
1 | MPBA.22.3.01 | Pengembangan Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab | 3 |
2 | MPBA.22.3.02 | Metodologi Pengajaran Bahasa Arab | 3 |
3 | MPBA.22.3.03 | Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa Arab | 3 |
4 | MPBA.22.3.04 | Pengembangan Bahan Ajar Pengajaran Bahasa Arab | 3 |
5 | MPBA.22.3.05 | Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab | 3 |
6 | MPBA.22.3.06 | Pengembangan Asesmen Pengajaran Bahasa Arab | 3 |
7 | MPBA.22.3.07 | Psikolinguistik | 3 |
8 | MPBA.22.3.08 | Sosiolinguistik | 3 |
9 | MPBA.22.3.09 | Analisis Data Penelitian | 3 |
Jumlah | 27 |
- Mata Kuliah Kompetensi Penunjang
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
1 | MPBA.22.3.10 | Bahasa Arab untuk tujuan tertentu | 2 |
2 | MPBA.22.4.01 | Seminar Proposal Tesis | 2 |
Jumlah | 4 |
- Komponen Tugas Akhir
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
1 | MPBA.22.3.11 | Tesis | 6 |
Jumlah | 6 |
- Sebaran Mata Kuliah Persemester
Semester 1 | ||||
No | Kode | Mata Kuliah | SKS | |
1 | MPBA.22.1.01 | Studi Al-Qur’an Tematik | 3 | |
2 | MPBA.22.1.02 | Studi Al-Hadits Tematik | 3 | |
3 | MPBA.22.1.03 | Filsafat Ilmu | 2 | |
4 | MPBA.22.3.01 | Pengembangan Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab | 3 | |
5 | MPBA.22.3.02 | Metodologi Pengajaran Bahasa Arab | 3 | |
6 | MPBA.22.3.03 | Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa Arab | 3 | |
Jumlah | 16 | |||
Semester 2 |
| |||
No | Kode | Mata Kuliah | SKS | |
1 | MPBA.22.3.04 | Pengembangan Bahan Ajar Pengajaran Bahasa Arab | 3 | |
2 | MPBA.22.3.05 | Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab | 3 | |
3 | MPBA.22.3.06 | Pengembangan Asesmen Pengajaran Bahasa Arab | 3 | |
4 | MPBA.22.3.07 | Psikolinguistik | 3 | |
5 | MPBA.22.3.08 | Sosiolinguistik | 3 | |
6 | MPBA.22.3.09 | Analisis Data Penelitian | 3 | |
Jumlah | 17 | |||
Semester 3 |
| |||
No | Kode | Mata Kuliah | SKS | |
1 | MPBA.22.1.04 | Studi Naskah | 3 | |
2 | MPBA.22.3.10 | Bahasa Arab untuk tujuan tertentu | 2 | |
3 | MPBA.22.4.01 | Seminar Proposal Tesis | 2 | |
Jumlah | 7 | |||
Semester 4 |
| |||
No | Kode | Mata Kuliah | SKS | |
1 | MPBA.22.3.11 | Tesis | 6 |